Pare, Kediri

Pare - Kediri

 

Baca juga info : kursus bahasa inggris


Pare adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur 

Sejarah dan Budaya


Pare menjadi terkenal di seluruh dunia karena di sinilah antropolog kaliber dunia, Clifford Geertz - yang saat itu masih menjadi mahasiswa doktoral - melakukan penelitian lapangannya yang kemudian ditulisnya sebagai sebuah buku yang berjudul The Religion of Java. Dalam buku tersebut Geertz menyamarkan Pare dengan nama "Mojokuto". Di Pare, antropolog ini sering berdiskusi dan berkonsultasi dengan Kyai Yazid ibnu Thohir yang merupakan perintis adanya Kampung Inggris, yang juga merupakan salah satu narasumber yang membantu antropolog tersebut dalam menyelesaikan bukunya. 

Baca juga info : info kursus bahasa inggris


Pare termasuk kota laa. Ini terbukti dari keberadaan patung "Budo" yang berada tepat di pusat Candi Surawana dan Candi Tegowangi, Dahulu di Pare terdapat jalur kereta api dari Kediri ke Jombang, tetapi sekarang hanya tersisa relnya saja dan Stasiun Pare. Dahulu Stasiun pare mempunyai jalur cabang menuju Stasiun Papar. Hanya sampai sekarang belum diketahui dengan pasti kapan kota Pare berdiri dan siapa pendirinya.

Lokasi



Pare terletak 25 km sebelah timur laut Kota Kediri, atau 120 km barat daya Kota Surabaya. Pare berada pada jalur Kediri - Malang dan jalur Jombang - Kediri serta Jombang - Blitar. Sudah lama ada wacana Pare dikembangkan menjadi ibu kota Kabupaten Kediri, yang secara berangsur-angsur dipindahkan dari Kota Kediri. Namun niat ini tidak pernah serius dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten atau para Bupati yang menjabat. (mulai era Bupati H. Sutrisno, Wacana tersebut akhirnya benar-benar dibatalkan, karena akan mendapatkan protes dari warga di sebagian wilayah Kabupaten Kediri, terutama di daerah selatan-seperti Kras, Ngadiluwih, Kandat dan Ringinrejo dan di daerah barat sungai Brantas-seperti Tarokan, Grogol, Banyakakan, Semen dan Mojo. Sehingga diambil jalan tengah dengan menempatkan Pusat pemerintahan di wilayah kecamatan Ngasem Kediri, tepatnya di Ds. Sukorejo (biasa disebut Katang) dan akan juga dibangun Pusat Bisnis di Wilayah Kota Baru Gumul.) 

Kondisi Lingkungan



Kota Pare yang berada pada ketinggian 125 meter di atas permukaan laut (DPL) ini mempunyai udara yang tidak terlalu panas. Berbagai jenis jajanan dan makanan enak dan higienis dengan harga "kampung" dapat dijumpai dengan mudah di kota kecil ini. Berbagai infrastruktur dan fasilitas kehidupan kota juga dengan mudah dapat dijumpai seperti hotel, rumah sakit (yang besar HVA dan RSUD rumah bersalin yang lengkap pun juga ada), ATM bersama, warnet 24 jam ber-AC, masjid, dan lain sebagainya.
Pare merupakan kota Adipura. Sekolah-sekolah favorit banyak berdiri di kota pare ini dari tingkat TK sampai dengan SMA. Seperti SMP Negeri 2 Pare dan MTs Negeri 1 Pare yang merupakan sekolah bertaraf internasional. Pada tingkat SMA terdapat SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare, dan juga ada MAN Krecek.

Ekonomi


Pare memiliki tanah yang subur bekas letusan Gunung Kelud dan tidak pernah mengalami kekeringan. Produk agraria andalan dari Pare adalah Bawang Merah, Biji Mente dan Melinjo. Sedangkan oleh-oleh khas dari Pare antara lain adalah tahu kuning dan gethuk pisang. Di Pare sudah lama bermunculan industri menengah bertaraf internasional, seperti industri plywood dan pengembangan bibit-bibit pertanian. Tempat-tempat rekreasi pun telah ada semenjak tahun 1970-an meskipun sederhana, seperti Pemandian "Canda-Bhirawa" Corah dan alun-alun "Ringin Budo"serta sentra ikan hias di dsn Surowono Desa Canggu.Pare juga memiliki sentra peternak lebah madu apis mellifera di dusun purworejo desa bringin

Tempat Wisata





Kecamatan Pare memiliki beberapa tempat wisata, yaitu:
  • Masjid An-Nur Pare di Tulungrejo
  • Garuda Park di Pelem
  • Stadion Canda Birawa di Tulungrejo
  •  Kampung Inggris Pare di Pelem dan Ds. Tulungrejo yang terdapat ratusan sekali tempat kursus bahasa asing terutama bahasa Inggris, dan sering kali menjadi pusat untuk setiap kunjungan dari orang yang berada di luar kota maupun luar jawa
  • Candi Surawana di Surawana
  • Taman Kilisuci di Tulungrejo
  • Candi Tego Wangi di Tegowangi
  • Pemandian Corah
  • Alun-Alun Pare di Pusat Kota

Kesehatan 


Kecamatan Pare memiliki beberapa sarana kesehatan, yaitu:
  • RSUD Kediri di Pelem
  • RS HVA Tulungrejo di Tulungrejo
  • RSIA Nur Aini di Tulungrejo
  • Brata Medika di Tulungrejo
  • Puskesmas di Bendo 




Pare terutama Ds Pelem dan Tulungrejo juga dikenal mempunyai potensi pengembangan kursus Bahasa Inggris. Saat ini lebih banyak bermunculan berbagai jenis bimbingan belajar terutama kursus-kursus Bahasa Inggris. Lebih dari 150 buah lembaga bimbingan belajar menawarkan kursus Bahasa Inggris mulai dari program sampai D2, D1, S1 atau short course berdurasi 1 minggu, 2 minggu, 3 minggu, 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan, dan 6 bulan, Kampung Inggris sangat ramai terutama pada waktu liburan semester. Tidak hanya kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris juga tersedia lembaga kursus yang membuka program kursus bahasa Arab, Jepang, Mandarin, Korea, dan kursus bahasa Prancis, bahkan untuk kursus mana pelajaran Matematika pun di tempat ini juga ada.  Dalam hal ini, kota Pare sebagai pusat belajar Bahasa Asing yang murah, efisien dan efektif sudah terkenal hingga Se-antero jagad raya ini. Efek ikutannya, di daerah Tulungrejo sekarang muncul berbagai jenis tempat penginapan dan kost yang menampung para pelajar dan maupun pekerja. Tarif kos per orang bervariasi dari 50 ribu hingga 250 rb per bulan.
Setiap tempat kursus Bahasa Inggris di kampung Inggris pun memiliki berbagai macam program mulai dari Speaking, Grammar, Vocabulary ataupun Pronounciation sampai TOEFL pun juga ada guys dan setiap lembaga kursusan memiliki program andalannya tersendiri sehingga pelajar yang datang ke kampung Inggris dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya sendiri. Beberapa kursusan juga menyediakan program paket-an yang dapat diambil dengan program satu hari penuh selama beberapa minggu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rute Menuju Kampung Inggris Pare Kediri

Nelson Semedo Absen pada Laga Barcelona Vs Valencia

Hasil Liga Champions